Uncategorized

Soal melahirkan..

Kalau soal ini, kita sepakat toh, bahwa cara apapun yang digunakan untuk melahirkan bayi sama baik dan mulianya, baik per vaginam maupun dengan Caesarean suction. Caesarean suction biasanya bukan pilihan pertama para perempuan yang melahirkan dan dokter yang merawat mereka, karena risiko di balik proses tersebut. Namun banyak kali harus dijadikan alternatif satu-satunya untuk menghadirkan satu lagi putra/putri yang dipercayakan dengan maksud khusus di muka bumi ini.

Hal yang lebih penting justru terletak pada bagaimana orangtua mengasuh dan merawat anaknya pasca melahirkan. Anak bisa diarahkan ke jalan yang baik dan benar, melakukan kegiatan yang searah dengan rute surga. Namun anak juga bisa saja dibiarkan, dianiaya, atau dididik dengan cara yang sembrono, keliru, atau menyimpang, sehingga tersesat dalam pemikiran, ekspresi perasaan, perkataan, maupun perbuatannya.

Siapapun yang mengaitkan proses melahirkan cara ini dengan hal-hal non medis, pasti bukan karena kurang piknik, tetapi kurang baca, dan mungkin kurang cerdas. Mari belajar lagi! Biar tidak asal bicara yang malah menunjukkan keterbatasan pemikiranmu. Lebih banyaklah belajar, supaya lebih bijak dalam berkomentar.

(c) Henny Wirawan, September 2017

twitterlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *